News

Direktur Pendidikan SIT Fitrah Hanniah mempresentasikan “Implementation of Collaborative Projects with Parental Involvement for Increasing Self-Awareness in Early Childhood” pada PACERA ke 24

Chaerunnisa, Direktur Pendidikan SIT Fitrah Hanniah, mempresentasikan hasil penelitiannya  yang berjudul “Implementation of Collaborative Projects with Parental Involvement for Increasing Self-Awareness in Early Childhood” pada Konferensi Pacific Early Childhood Education Research Association (PACERA) ke-24 yang dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Agustus 2024 bertempat di Toyo University Akabanedai, Tokyo.

Dalam presentasinya, Chaerunnisa menjelaskan bagaimana keterlibatan aktif orang tua dalam proyek kolaboratif dengan sekolahnya dapat meningkatkan kesadaran diri anak secara efektif. Salah satu contoh proyek kolaboratif yang dibahas adalah penggunaan metode Jingle English (Jinglish)  di mana anak-anak belajar bahasa Inggris melalui lagu.  Metode ini membantu membuat pembelajaran Bahasa Inggris  lebih menyenangkan dan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan.

Penelitian ini dilakukan sebagai studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fitrah Hanniah, menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitiannya, Chaerunnisa menemukan bahwa 85% anak usia dini yang terlibat dalam proyek kolaboratif ini mengalami peningkatan pemahaman diri. Selain itu, data juga menunjukkan bahwa 80% dari anak-anak tersebut mengalami perbaikan dalam kesejahteraan emosional dan sosial mereka setelah terlibat dalam proyek ini. Hasil ini menekankan bahwa kolaborasi antara sekolah dan orang tua tidak hanya berdampak positif pada perkembangan akademis, tetapi juga pada aspek emosional dan sosial anak-anak.

Presentasi Chaerunnisa mendapat apresiasi positif dari peserta konferensi, yang melihat penelitian ini sebagai kontribusi berharga dalam memajukan pendidikan anak usia dini, khususnya dalam hal pengembangan kesadaran diri dan partisipasi orang tua. Penelitian ini juga  menunjukan komitmen SIT Fitrah Hanniah dalam mendorong inovasi pendidikan dan memperluas wawasan global dalam rangka menciptakan generasi muda yang lebih sadar diri dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Tags

Leave a comment