Visi & Misi

YAYASAN FITRAH HANNIAH

Fokus pada usaha merekonstruksi diri, keluarga dan masyarakat sesuai apa yang diinginkan Allah SWT.

Berawal dari semangat yang sangat kuat untuk turut dalam memajukan pendidikan bangsa Indonesia, serta pentingnya keseimbangan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi dengan iman dan takwa. Maka pada tahun 2006 berdirilah Yayasan Fitrah Hanniah. Yayasan Fitrah Hanniah ingin mewujudkan model sekolah yang mampu memadukan ilmu kauliah dan kauniah menjadi satu kesatuan dalam sistem pembelajaran sehingga terlahir peserta didik yang berkualitas baik secara akademik maupun mental dan spiritualnya.

Visi

Visi kami adalah Model Integrated Islamic School, menjadi Sekolah Islam Terpadu Model yang dapat menjadi referensi penting dan berguna untuk membantu sekolah lain mencapai keunggulan.

Misi

Misi FITRAH HANNIAH adalah Implementing the ‘Tarbiyah Framework’, Menerapkan ‘Kerangka Kerja Tarbiyah’ menyediakan layanan berkualitas untuk kesejahteraan dan perkembangan anak secara holistik.

MODEL FITRAH HANNIAH

Fitrah Hanniah ingin membangun anak yang mempunyai ciri Smart, Righteous dan Influential.

FITRAH MODEL

Model Pendidikan Fitrah adalah sebuah filosofi yang berfungsi sebagai landasan dan lensa untuk memaknai segala sesuatu dalam pengelolaan sekolah dan proses pembelajaran.

Model ini diambil dari hukum- hukum Allah (naqli) dan hukum alam (‘aqli) untuk memunculkan potensi penuh seorang anak dalam menjalankan tanggung jawabnya untuk melayani umat manusia dan menjadi berkah bagi seluruh alam.

Model ini mengakui keunggulan intrinsik sebagai fitrah dalam diri setiap anak. Keunggulan-keunggulan tersebut juga dapat diwujudkan dalam diri setiap anak melalui pendekatan yang sesuai dengan fitrahnya, yaitu pendekatan berbasis otak, ilmiah dan berbasis bukti.

VALUE

IMAN (GOD-CONSCIOUS)

Kami percaya bahwa kami ada di sini karena kami sedang menjalankan misi dari Allah. Semua yang kami lakukan di Fitrah Hanniah adalah ibadah. Kami berusaha untuk memenuhi tanggung jawab ini dengan keimanan dan ketakwaan.

IHSAN (PEOPLE-CENTERED)

Peran kami adalah melayani orang lain

di jalan Allah. Setiap orang yang kami temui di Fitrah Hanniah adalah penting. Kami memperlakukan mereka dengan empati dan rasa hormat.

ITQAN (EXCELLENCE-DRIVE)

Kami percaya bahwa misi mulia ini hanya layak mendapatkan yang terbaik. Kami berusaha untuk memberikan yang terbaik, setiap saat. Kami berkomitmen untuk bekerja dengan penuh semangat dan profesionalisme.

TARBIYAH FRAMEWORK

Implementasi Model Pendidikan Fitrah dalam hal manajemen sekolah dan proses pembelajaran diterjemahkan melalui inisiatif dan upaya yang mendukung tiga pilar dalam kerangka kerja Tarbiyah.

  • Setiap anak perlu ditanamkan dengan kepercayaan diri dan kesadaran akan peran mereka sebagai Khalifah Allah di muka bumi ini. Proses ini dilaksanakan melalui menerapan Paradigma Tauhid pada seluruh kurikulum sekolah. Program diniyahnya pula berfokus pada penanam nilai melalui pendekatan yang otentik dan berbasis amali.

  • Setiap anak perlu sepenuhnya dibenamkan dalam lingkungan emosional dan fisik yang positif melalui keteladanan murobbi(ah) tidak hanya melalui kata-kata tetapi disertai dengan perilaku yang patut dicontoh. Hal ini didasarkan pada penghayatan nilai-nilai sekolah melalui mauizhoh dan pembiasaan melalui program-program values-in-action.

  • Setiap anak perlu dilibatkan dengan pendekatan aktif untuk menstimulasi seluruh kemampuannya demi perkembangan holistik anak menuju keterampilan berpikir tingkat tinggi. Teknologi perlu dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi belajar dan pendekatan aktif berbasis otak, ilmiah dan berbasis bukti juga menjadi pedagogi utama yang diadopsi oleh sekolah.